tips merawat mobil jadul

 mobil

cara-merawat-mobil-tua-agar-awet

Tidak sedikit pemilik mobil yang membutuhkan tips merawat mobil jadul karena tidak membeli mobil keluaran terbaru dengan harga tinggi. Sebenarnya, mobil jadul pun tetap bisa memiliki performa yang bandel dan nyaman. Penampilannya pun sebenarnya tetap bisa dipertahankan. Jadi bagaimana caranya? Berikut tips-tips yang akan berguna dalam perawatan mobil jadul.

 

Ganti Oli Lebih Sering

Mobil yang usianya lebih dari 10 tahun memiliki kebutuhan untuk ganti oli lebih banyak dari mobil yang lebih muda. Usahakan untuk mengganti oli setiap 2500 km. Angka ini merupakan standar angka yang disarankan oleh sebagian besar bengkel mobil profesional. Kekentalan oli yang disarankan adalah SAE 10-40 W. Kekentalan 15-40 W juga bisa menjadi alternatif.

 

Cek Kaki-Kaki Mobil

Masalah paling sering terjadi pada mobil tua adalah pada kaki-kakinya. Karena sudah termakan usia, kaki-kaki mobil jadul biasanya cukup bermasalah dan mengeluarkan suara yang berisik. Untuk mencegah hal ini, kaki-kaki mobil perlu dicek dan dirawat lebih sering. Jika tidak ada kerusakan serius yang bisa membahayakan penumpang, kaki-kaki ini sebenarnya tidak perlu diganti.

 

Perhatikan Cat Mobil

Warna cat mobil akan mempengaruhi penampilannya. Pada mobil jadul, warna cat biasanya sudah memudar. Hal ini bisa diatasi dengan mengecat ulang sesuai warna asli di bengkel resmi. Warna lain juga bisa menjadi alternatif sebagaimana sering dilakukan oleh penyuka modifikasi. Hanya saja, warna asli biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

 

Cek Kondisi Kabel-Kabel

Sistem elektrik pada mobil tua sering bermasalah. Biasanya, hal ini dipicu oleh kondisi kabel yang sudah aus atau kurang prima. Jika mendapati situasi seperti ini, pemilik sebaiknya mengganti kabel-kabel tersebut dengan yang baru. Kenapa? Karena masalah pada kabel dapat menyebabkan konsleting dan hal ini bisa membahayakan supir dan penumpang.

 

Ganti Ring Sekher

Ring sekher juga sering menjadi sumber masalah. Biasanya ring sekher pada mobil jadul sudah berkarat dan lemah. Solusi untuk masalah ini adalah menggantinya dengan yang baru. Ring sekher baru akan membuat aliran bensin lebih lancar dan mesin tidak mengeluarkan suara berisik. Ring sekher baru juga mencegah risiko mobil mogok.

 

Perbaikan Pada Setir dan Dashboard

Setir mobil jadul perlu dicek dan dicoba respons-nya. Hal ini untuk memastikan setir mobil masih berperforma prima dan tidak membahayakan. Dashboard juga perlu diperbaiki agar interior mobil tampak baru dan bagus. Selain lebih enak dipandang, hal ini juga menaikkan nilai jual mobil tersebut. Jika perlu, berikan cover yang baru untuk dashboard an jok mobil.

Yang terpenting dalam perawatan ini adalah ketelatenan dan ketelitian. Jika dilakukan dengan disiplin dan teratur, tips merawat mobil jadul tersebut akan membuat mobil jadul Anda seperti baru.

[yuzo_related]
Bagikan ke teman: