Keunikan Motor Bebek Honda 70, memiliki banyak nama hingga banyak dimodifikasi

 honda

honda-c70-jadul-classics-di-indonesia-terbaru
Bagi penggemar dan kolektor motor klasik, pasti tidak asing dengan motor bebek Honda 70 atau honda c70 atau cm70, karena kendaraan roda dua ini sangat populer pada tahun 1980an. Dibanding jenis lain seperti C90 dan C50, motor yang mulai diproduksi tahun 1969 ini mempunyai penggemar yang lebih banyak di tanah air.

Sebutan Honda 70 di daerah-daerah
Sesungguhnya motor asal Jepang ini memiliki nama resmi Honda C70. Namun masyarakat di Indonesia lebih suka menyebut dengan nama yang lebih singkat, Honda bebek 70. Bahkan di Yogyakarta seringkali disebut sebagai Honda Pitung meskipun tidak ada hubungannya sama sekali dengan tokoh pendekar silat asal Betawi tersebut.

Selain Honda Pitung, ada pula yang mengatakan jika Honda Bebek 70 merupakan singkatan dari pitungpuluh yang mengandung arti tujuhpuluh. Hal ini berkaitan dengan tahun kendaraan tersebut mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970.

Sementara itu di Solo Jawa Tengah, masyarakat di sana lebih suka menamai honda 70 dengan sebutan honda plethuk. Kemudian di Surabaya disebut Honda Kuntul dan di Jember terkenal dengan nama Honda Cethol atau Honda Ulung. Lalu di Lampung banyak yang menamainya sebagai Honda Jangkrik. Sedangkan di Madura, orang lebih suka menyebutnya dengan nama Honda Balang dan Di jawabarat sering juga disebut bekjul (bebek tujuh puluh).

Dijadikan koleksi
Kendaraan Honda bebek 70 merupakan salah satu kendaraan klasik yang sering dijadikan sebagai motor koleksi khususnya para pecinta otomotif kuno. Karena itu tidak mengherankan jika sampai saat ini masih sering dijumpai pengendara motor tersebut dijalankan. Terutama di kota Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Solo, Semarang dan beberapa daerah lainnya.
Para penggemar honda 70 ini sering mengadakan pertemuan pada hari Sabtu malam di jalan-jalan protokol dan pusat keramaian lainnya. Bahkan tidak jarang mereka menyelenggarakan acara touring bersama ke kota lain atau obyek wisata yang menarik.
Para kolektor tersebut memilih Honda bebek 70 untuk dijadikan koleksi sebab memiliki gaya desain yang sangat unik dan khas, bernuansa vintage. Selain itu meski merupakan kendaraan keluaran lama, tetapi motor ini tergolong sangat irit dalam penggunaan bahan bakar. Apalagi mesinnya hanya berkapasitas 70 cc saja.

Honda 70 yang dimodifikasi dan yang masih asli
Karena merupakan keluaran lama, Honda C70 belum mempunyai kenyamanan yang optimal seperti motor keluaran terbaru saat ini. Misalnya shockbreaker yang tidak memakai teleskopik, sehingga kurang begitu nyaman saat dipacu di jalan berlubang. Terlebih lagi ingniton system pada kendaraan ini dibuat dari bahan platina, bukan CDI.

Oleh sebagian penggemar dan kolektor Honda bebek 70, kendaraan ini sering dimodifikasi melalui berbagai macam cara. Misalnya pada bagian bodinya yang dibuat dengan gaya desain yang lebih unik meski tidak menghilangkan kesan vintage sebagai konsep utama.

Kemudian untuk mesinnya juga diganti dengan mesin yang lebih baru agar dapat dikendarai secara lebih optimal terutama dalam urusan kecepatan. Bahkan untuk kaki-kakinya ada yang dirubah secara total menggunakan suspensi kendaraan sport. Lalu untuk swing arm yang ada di belakang dibuat dalam desain yang lebih luas dan lebar.

Banyak sekali sistem modifikasi yang bisa diterapkan untuk merubah penampilan dan sistem kerja mesinnya. Meski demikian tidak sedikit yang lebih tertarik mengoleksi Honda motor bebek 70 dalam bentuk yang masih asli dan orisinil.

Untuk menemukan Honda 70 yang masih asli memang merupakan suatu pekerjaan yang sulit sebab sudah termasuk barang langka. Akan tetapi dibanding dengan yang dimodifikasi, motor Honda 70 orisinil justru mempunyai harga jual yang lebih mahal. Bahkan hampir menyamai motor terbaru keluaran sekarang, sekitar 15 sampai 20 juta rupiah.

Apalagi jika kondisinya masih bagus dan selalu dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Harga jual motor tersebut bisa dinaikan lagi hingga 25 atau 30 juta rupiah. Sebagian besar pembeli motor tersebut biasanya merupakan seorang kolektor sejati. Mereka yang tidak pernah merasa ragu untuk mendapatkan motor klasik yang kondisinya masih asli dengan harga tinggi.

Dibalik ketangguhan mesin dan keunikannya, motor bebek Honda 70 selalu menjadi incaran kolektor otomotif kuno. Karena kendaraan ini memang mempunyai daya tarik tersendiri yang sangat berbeda dan istimewa. Jadi selalu mendapat tempat di hati para penggemarnya sampai saat ini.

Beberapa contoh modifikasi motor bebek honda 70

1. Modifikasi honda cm70 konsep minimalis
honda-c70-konsep-minimalis

2. Modifikasi honda c70 ala kawasaki ninja
modifikasi-honda-bebek-c70-jadi-seperti-ala-ninja

3. Modifikasi honda 70 ala motor sport
modifikasi-honda-c70-jadi-seperti-motor-sport

4. Modifikasi honda 70 ala motor harley davidson
modifikasi-honda-c70-harley

5. Modifikasi honda 70 untuk pasangan (couple)
modifikasi-honda-c70-untuk-pasangan

Tags: Variasi gambar motor honda ulung, Jual beli motor c70 Jakarta modifikasi, Jual beli motor c70, honda 70 modif retro, harley jadul, Harga motor honda 70 modifikasi, gambar motor c70 modif, foto motor citul modifikasi herly, bebek jadul modif, bebek 70
[yuzo_related]
Bagikan ke teman:
Tags: Variasi gambar motor honda ulung, Jual beli motor c70 Jakarta modifikasi, Jual beli motor c70, honda 70 modif retro, harley jadul, Harga motor honda 70 modifikasi, gambar motor c70 modif, foto motor citul modifikasi herly, bebek jadul modif, bebek 70