9 HP Samsung Jadul Terbaru, Era Kejayaan Samsung

  • Whatsapp

Berbicara merk ponsel, tentu yang paling mendominasi adalah Motorola yang dikenal sebagai perusahaan pembuat hp tertua di dunia. Dimana kemudian di era 2000an, baru muncul Nokia. Lantas, bagaimana dengan Samsung? Jika kita membahas hp samsung jadul, tentu tidak banyak bahkan kalah dengan merk lain seperti sony ericsson atau siemens.

Meskipun demikian, masa kejayaan ponsel samsung justru terasa ketika pihaknya membuat handphone berbasis android, beberapa type terkenal seperti jenis clamshell.

Namun samsung dikenal dengan ponsel yang memiliki desain stylish dengan flip. Jadi anda tidak perlu heran jika saat itu harganya terkenal sangat mahal.

HP Samsung Jadul Terbaru

1. Samsung SH100

samsung sh 100

Samsung SH100 merupakan ponsel pertama dari samsung yang memiliki antena. Dirancang tahun 1985 dan diluncurkan kepada publik (di korea selatan) sekitar tahun 1988.

Sayangnya, ponsel ini tidak sepopuler motorola dinatac dan nokia talkman / mobira. Tak heran jika hanya terjual sekitar 1000 sampai 2000an unit saja.

Meskipun terbilang sedikit, namun ponsel pertama ini menjadi pengalaman terbaik bagi Samsung untuk berkembang. Bahkan mereka percaya memiliki kelebihan dalam membuat desain handphone. Hal ini terlihat dari desain SH100 yang lebih compact dan simple dibandingkan kompetitornya saat itu (nokia).

2. Samsung SGH series

samsung sgh series

Tepat pertengahan tahun 1990, Samsung mengeluarkan seri SGH yang merupakan seri ponsel pertama yang memiliki desain clamshell dan flip.

Untuk seri ini didukung jaringan GSM, sedangkan untuk jaringan CDMA diberi nama SCH series.

Perbedaan flip dan clamshell adalah terletak pada desain layarnya. Flip memiliki layar yang terletak di atas tombol, dimana bagian penutup hanya berfungsi untuk menutupi tombol atau layarnya saja. Meskipun terkadang bagian lipat penutupnya juga disisipi mic atau speaker telinga.

Sedangkan clamshell adalah desain handphone yang memiliki layar dibagian penutup. Jadi ketika hp ditutup, maka tombol dan layar akan berhadapan. Desain seperti ini (clamshell) sering juga disebut folding.

Saat itu, seri samsung yang terkenal yaitu SGH-250 dan SGH-500. Dimana SGH-250 dibuat tahun 1996 sedangkan SGH-500 dibuat tahun 1998.

SGH-500 ini masih banyak dimiliki oleh para kolektor di Indonesia karena memiliki desain unik, tidak seperti hp lainnya. Terdapat pula tutup tombol (flip) di bagian atas dan kotak di bagian bawah serta lekukan di body bagian depan untuk grip supaya ketika dipegang terlihat lebih nyaman.

3. Samsung SCH-A2000 dan SGH-A200

samsung sgh a200 sch a2000

Pada pertengahan tahun 2000, Samsung merilis ponsel pertama dengan dua layar.

Samsung SCH-a2000 memiliki desain clamshell sehingga dapat meletakkan dua layar sekaligus. Layar pertama adalah layar kecil di bagian depan untuk notifikasi, sedangkan layar kedua (utama) terdapat di dalam ketika hp sedang dibuka.

Sebenarnya SGH-a2000 dan SGH-a200 sama saja. Perbedaannya hanya pada jaringan, dimana a2000 didukung jaringan CDMA sedangkan A200 didukung jaringan GSM.

4. Samsung SGH-M100

hp samsung jadul sgh m100

Meskipun belum memiliki layar berwarna, namun SGH-M100 ini menjadi yang pertama dengan fitur pemutar musik (mp3 player).

Pada Samsung SGH-M100 sudah tersedia port untuk headset sehingga bisa mendengarkan musik melalui headset. Hanya saja harus memakai headset khusus karena untuk memindahkan lagu terdapat pada tombol-tombol di headset tersebut.

5. Samsung Egeo a400

hp samsung jadul lipat

Puncak kesuksesan samsung terus berlanjut hingga tahun 2001 hadir samsung a400 (egeo) yang menjadi salah satu ponsel lipat terlaris di masa itu.

Sampai saat ini, masih banyak yang memiliki samsung a400 di Indonesia. Jika dulu harganya cukup mahal, sekarang sudah lumayan murah. Tak heran jika samsung egeo menjadi salah satu ponsel samsung yang paling populer. Selengkapnya disini.

6. Samsung SCH-X430

samsung SCH X430

Tepat tahun 2002, Samsung mengeluarkan SCH-X430 yang merupakan hp samsung desain clamshell pertama dengan layar berwarna.

Samsung x430 ini lumayan populer saat itu. Bahkan banyak sekali kolektor yang memiliki samsung x430 khususnya di Indonesia.

7. Samsung D710

samsung d710

Tahun 2004, nokia telah mulai mendominasi OS Symbian hingga akhirnya Samsung juga ikut membuat handphone dengan OS Symbian.

Salah satunya yang dibuat yaitu Samsung D710 yang merupakan Samsung OS symbian dengan desain slide. Sayangnya, penjualan samsung D710 tidak sesukses Nokia symbian.

Dari sini kita bisa tahu bahwa Samsung dari dulu memang sudah suka berganti-ganti OS; mulai dari java, symbian, bada, windows mobile, tizen, dan sebagainya, hingga kini Samsung menggunakan OS Android.

8. Samsung p730

samsung p730

Tahun 2004 juga menjadi tahun yang menarik, dimana para perusahaan handphone berlomba-lomba untuk membuat desain ponsel yang menarik. Sehingga tak heran jika berbagai desain hp pun mulai bermunculan.

Waktu itu bukan hanya flip dan clamshell saja, namun juga desain slide (geser) dan juga swivel (memutar). Salah satu handphone samsung jadul yang sukses mempadukan antara desain clamsell dan swivel adalah Samsung P730.

Baca juga: 5 HP Jadul Kamera Bagus setara Kamera DSLR

9. Samsung e1100

hp samsung jadul terbaru

Samsung e1100 merupakan feature phone dari samsung, hanya saja di Indonesia sering disebut samsung jadul dikarenakan bentuknya sama dengan generasi sebelumnya.

Feature phone merupakan ponsel yang mempertahankan faktor bentuk dan desain dari generasi jaman dulu, dengan input berbasis tombol dan layar kecil (alias bukan hp samsung jadul layar sentuh). Secara fitur tentu sangat minimalis sehingga disebut juga ponsel lawas.

Jadi jika anda ingin mencari hp samsung jadul terbaru dengan desain masih fresh dan fitur minimalis, Samsung e1100 sangat tepat karena tidak terlalu tua yang dibuat tahun 2009.

Apakah dari semua diatas ada yang termasuk hp samsung jadul yang bisa whatsapp (wa)? Silahkan di cek spesifikasi detailnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *