Ericsson r310 (Hiu), HP Outdoor Super Langka

  • Whatsapp

Kali ini timjadul akan membahas (review) hp jadul ericsson r310 a.k.a atau yang biasa disebut ericsson hiu.

Ericsson r310 (hiu) memang populer di Indonesia, bahkan harga bekasnya cenderung mahal. Anehnya, r310 ini tetap banyak dicari oleh para penyuka hp jadul.

Bukan hanya Ericsson r250s, Ericsson r310 juga menjadi salah satu ponsel langka yang tahan terhadap goncangan, percikan air, serta tahan debu.

hp outdoor ericsson r310 hiu
ericsson r310 tahan air

Selain di Indonesia, hp jadul r310 juga terkenal di luar negeri. Bahkan kita bisa menemukan ponsel ini di berbagai situs online luar seperti ebay dalam kondisi baru maupun refurbish.

Untuk di Indonesia sendiri, kita masih bisa dengan mudah mencari ericsson r310. Rekomendasi bisa coba di berbagai marketplace, komunitas, group hp jadul di fb, dan di konter-konter yang ngoleksi hp jadul.

Nah, uniknya ericsson r310 juga dikenal dengan sebutan ericsson hiu. Hal ini dikarenakan memiliki antena eksternal dengan bentuk seperti sirip hiu. Bahkan juga tahan air, maka dari itu r310 dijuluki sebagai ericsson hiu.

bagian belakang ericsson r310

Secara desain, bentuknya memanjang dengan tombol alfanumerik layaknya hp jadul lainnya. Namun yang bikin beda tentu saja dari sirip hiu tersebut. Termasuk juga terdapat karet di bagian pinggir hp untuk menahan goncangan.

Untuk memasukkan sim card, kita harus membuka dua buah baut di bagian belakang. Sudah tersedia juga karet penahan baterai di bagian belakang body sehingga melindungi komponen mesin dari air.

Ada 4 pilihan warna ericsson r310; bright orange, nautic blue, aquatic green, dan peak yellow.

Memiliki layar monochrome 131 x 53 x 25 mm dengan berat 173 gram. Sedangkan untuk baterai masih menggunakan jenis niMH, dengan ketahanan stand by sekitar 1 minggu dengan talktime sekitar 7 jam.

Baterai niMH memang dikenal sangat kuat. Namun kelemahannya baterai jenis ini harus benar-benar habis ketika hendak di charge. Jika tidak, maka baterai akan mudah sekali drop.

Selain fitur telpon dan sms, terdapat fitur lain seperti voice memo dan kalkulator. Selebihnya tidak ada yang bisa kita bahas dari fitur ericsson r310, namanya juga hp jadul.

Kita tahu bahwa Ericsson merupakan produsen yang sangat giat dalam membuat aksesoris untuk semua produknya. Termasuk untuk ericsson r310, terdapat sebuah tabung yang berfungsi untuk menyimpan hp tersebut supaya lebih tahan lama, terhindar dari air dan jamur.

Meskipun tidak memiliki fitur mp3, kita tetap bisa mendengarkan lagu di hp jadul ini. Tentu dibantu dengan aksesoris eksternal HPM-10 yang bisa dipasangkan dengan ericsson r310 sehingga bisa dibuat untuk mendengar mp3.

Bagi kalian yang merasa tidak nyaman mengetik sms menggunakan alfanumerik, tidak perlu khawatir karena sudah ada aksesoris CHA-10 (chartboard). Jadi kalian bisa menggunakan tombol qwerty untuk mengetik sms di hp tersebut.

Sebenarnya masih banyak sekali aksesoris yang kompatibel dengan si r310 (hiu) seperti lampu senter eksternal, desktop, pouch, beltclip, dll.

ericsson r310 dengan aksesoris lengkap fullset

Berbicara soal harga, semakin langka hp jadul tersebut biasanya semakin mahal harganya. Meskipun masih rada gampang untuk didapatkan alias tidak terlalu langka, namun harga si hiu masih cukup mahal.

Harga ericsson r310 (hiu) berkisar 1 juta untuk harga batangan. Sedangkan untuk harga paket lengkap seperti dus beserta aksesoris lainnya, harga ericsoon r310 bisa sampai 5 juta – 6 juta.

Baca juga: Review Sony Ericsson P990, HP Jadul Layar Sentuh & Stylush

Harga tersebut juga belum pasti, tergantung dari kondisi hp itu sendiri. Karena sekarang, hp jadul sudah tidak memiliki ketetapan harga dan bagi seorang kolektor, harga berapapun bakal mereka beli.

Namun kita masih bisa mendapatkan hp jadul ericsson r310 (si hiu) dengan harga sekitar ratusan ribu saja.

Demikian review dan harga hp jadul ericsson r310 (hiu). Jangan lupa dukung terus jadul.id dan nantikan artikel jadul lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *