Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus

  • Whatsapp

Tidak sengaja menghapus kontak teman? Kalau cuma satu kontak, bisa minta ke teman yang lain. Gimana kalau banyak kontak? Tidak usah ribet, ketahui cara mengembalikan kontak yang terhapus di hp, dijamin berhasil.

Nomor kontak adalah hal paling penting pada perangkat smartphone kita. Ketika kontak teman atau kolega hilang, tentu bikin kita kesulitan untuk menghubunginya.

Jika kontak keluarga atau teman dekat yang terhapus, mungkin kita tidak perlu pusing alias sangat mudah untuk mendapatkan kembali kontak tersebut. Lantas, bagaimana jika kontak tersebut adalah nomor orang penting sekaligus hanya anda saja yang mengetahuinya?

Tentunya anda bingung, apalagi ada keperluan mendesak dan harus segera menghubunginya. Pada akhirnya, anda hanya berharap orang tersebut menghubungi anda secepat mungkin.

Untungnya, kami memiliki solusi yang mungkin bisa membantu anda untuk mengembalikan daftar kontak nomor yang terhapus dan pastinya bisa di coba pada hp samsung, xiaomi, oppo, realme, iphone, maupun smartphone lainnya.

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di HP

1. Melalui WhatsApp

Saat ini, komunikasi semakin mudah dan fleksibel. Kita berkomunikasi dengan orang lain; mengirim pesan, melakukan panggilan maupun video call bisa melalui whatsapp.

Apa hubungannya dengan kontak hilang atau terhapus?

Jika kontak yang terhapus ternyata terhubung ke whatsapp sekaligus kalian pernah berkomunikasi di aplikasi tersebut. Maka ada peluang kontak bisa diselamatkan dan bisa disimpan kembali ke daftar kontak di hp.

Silahkan buka aplikasi whatsapp, lalu cari riwayat history percakapan whatsapp dengan kontak orang tersebut. Jika masih ada, anda bisa menyimpan dan menambahkan kontak whatsapp tersebut ke perangkat smartphone anda.

Selain itu, sangat beruntung jika anda pernah satu group WA dengan kontak tersebut. Anda bisa mengecek di group tersebut atau meminta ke orang lain di dalam group tersebut.

2. Melalui Media Sosial

Saat ini, kita bisa terhubung dengan orang lain melalui media sosial. Baik melalui WhatsApp, Instagram, Twitter, Telegram, Line, Facebook, LinkedIn, dan sebagainya.

Biasanya, orang-orang memulai perkenalan melalui media sosial. Setelah itu, kita saling bertukar kontak nomor telepon supaya lebih mudah untuk komunikasi kedepannya.

Jika cara pertama tidak membantu, tidak perlu panik jika ternyata anda mendapatkan kontak orang tersebut melalui percakapan di media sosial.

Anda bisa cek history chat / obrolan dengan orang tersebut di media sosial. Jika ternyata chat belum terhapus, anda bisa menyimpan kembali nomor yang hilang ke daftar kontak pada smartphone anda.

3. Melalui Gmail

Cara terakhir untuk mengembalikan kontak yang terhapus yaitu melalui akun gmail dan dijamin berhasil. Dengan kata lain, akun gmail memiliki fitur khusus untuk mengembalikan daftar kontak yang pernah terhapus atau hilang.

Perlu anda ketahui bahwa ponsel anda telah melakukan penyelarasan atau sinkronisasi secara berkala. Artinya, setiap data di ponsel akan di backup secara berkala ke akun gmail, termasuk ketika data di ponsel hilang atau tidak sengaja kehapus.

Jadi ketika data kontak hilang dan terhapus di hp anda, namun data di akun gmail masih aman tersimpan.

Cara mengembalikan kontak yang hilang lama:

  • Buka akun gmail melalui laptop atau pc.
  • Setelah berhasil masuk email, klik menu / ikon sembilan titik di pojok kiri atas (google apps).
  • Dari banyaknya pilihan, silahkan klik Contacts untuk menampilkan nomor kontak.
  • Maka anda akan melihat seluruh nomor kontak yang pernah tersimpan, termasuk kontak yang hilang atau terhapus.
cara mengembalikan kontak yang terhapus lama

Cara ini dijamin berhasil untuk mengembalikan kontak yang hilang. Anda bisa melakukan export kontak, lalu bisa restore kembali ke daftar kontak di hp.

Demikian 3 cara untuk mengembalikan kontak yang hilang lama melalui akun whatsapp, media sosial dan akun gmail. Silahkan gunakan cara yang termudah dan tercepat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *