Motor jadul BSA

 BSA, motor

BSA c15 motor jadul antik
The Birmingham Small Arms Company Limited (BSA) adalah perusahaan asal birmingham yang memproduksi mesin, mobil, motor, bus dan berbagai bahan metal juga alat perang lainnya. Kali ini jadul.id tidak akan membahas perusahaan BSA, namun hanya akan sedikit mebahas tentang motor buatan BSA yang begitu populer di Indonesia. Menurut berbagai sumber yang kami dapat motor BSA di Indonesia merupakan yang terbanyak di Dunia bahkan mampu mengalahkan negara asalnya Inggris. DI Indonesia motor BSA diperkiraan ada sekitaran 1000 unit, di Inggris 800 unit dan di Australia sekitar 400 unit.

bsa motor bantam

Sepeda motor BSA masuk ke Indonesia sejak jaman penjajahan dahulu tepatnya pada perang dunia ke dua, saat peralihan penjajahan dari jepang ke sekutu (belanda- inggris), walaupun sebenarnya perusahaan BSA telah beroperasi sejak perang dunia pertama. BSA membuat sepeda tanpa mesin pada tahun 1880an, kemudian mereka mengembangkan mesin untuk sepeda dan pembuatan sepeda motor BSA pertama adalah pada sekitar tahun 1900-1905an. Sebagai perusahaan yang juga memproduksi alat-alat untuk berperang, maka tak heran jika kemudian BSA membuat sepeda motor untuk berperang, dengan tenaga yang besar, material bodi motor yang kokoh dan tahan lama. Menurut wikipedia BSA pernah menjadi salah satu perusahaan pembuat motor terbesar di Dunia, namun pada tahun 1950-1960 mereka mengalami kegagalan dalam mengembangkan produk dan menejemen perusahaan yang rapuh dalam pemasaran produk mereka ke pasar penting seperti amerika sehingga menyebabkan produk mereka akhirnya mampu dikalahkan oleh pabrikan-pabrikan jepang dalam pemasaran ke berbagai negara.

Tak hanya sepeda motor untuk berperang, BSA juga pernah mengembangkan sebuah motorcross. Jeff Smith yang mengendarai BSA B40 berhasil memenangkan kejuaran balap motorcross pada tahun 1964 dan 1965 FIM cc di kelas 500CC. Mesin motorcross BSA dikenal dengan sebutan “Beezer.”

Membahas motor BSA di tanah air pasti akan juga membahas pematang siantar, dikarenakan pematang siantar merupakan basis dari sepeda motor BSA. Di pematang siantar, motor-motor BSA bahkan digunakan untuk cator (becak motor) atau yang juga dikenal dengan nama bentor karena memiliki tenaga yang besar, walaupun sebenarnya motor BSA memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat boros, para penarik cator terkadang mengganti karburator motor agar pengeluaran bahan bakar bisa lebih terkendali.

BSA motor di pematang siantar

Banyaknya motor BSA di Pematang siantar disinyalir karena sangat sedikitnya teknisi yang mengerti motor BSA, sedangkan di pematang siantar sendiri terdapat banyak teknisi yang mampu menangani motor BSA ini, bahkan dahulu ada seseorang yang begitu dikenal menangani motor BSA di pematang siantar yang begitu terkenal yaitu mbah Lanang, namanya bahkan masih sering disebut-sebut oleh mereka kolektor motor BSA. Karena sedikitnya teknisi yang mampu menangani motor BSA, sehingga motor-motor BSA pada tahun 1958 akhirnya didatangkan dari berbagai kota di Indonesia ke pematang siantar. Motor BSA sendiri dahulu dibiarkan dan ditinggalkan oleh para penjajah karena sedikitnya teknisi yang mengerti motor ini. Hingga saat ini banyak sekali penjual onderdil original higga kualitas kw di pematang siantar.

[yuzo_related]
Bagikan ke teman: